by

Dugaan Penyalagunaan Dana Desa, Satu Lagi Hukum Tua di Mitra Dinonaktifkan

MITRA, TeropongSulut.com – Di tahun 2021 ini, satu lagi hukum tua di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dinonaktifkan akibat pengelolaan dana desa yang diduga tidak beres.

Saul Lumopa hukum tua Rasi, dinonaktifkan, Selasa (6/4/2021), lantaran dugaan penyalagunaan wewenang dana desa dalam pemberian modal untuk pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs Arnold Mokosolang membenarkan hal tersebut saat dikonfirmasi.

”Hari ini camat Ratahan Arce Kalalo telah mengnonaktifkan hukum tua Desa Rasi Saul Lumopa SH dari jabatannya sebagai hukum tua desa rasi dan telah mengangkat Plh hukum tua Seni Tulandi,” jelas Mokosolang, Selasa (6/4/2021).

Lanjut dikatakan Mokosolang, dinonatifkannya hukum tua Rasi, berdasarkan dari hasil pemeriksaan khusus oleh pihak Inspektorat Mitra. “Jadi kami Dinas PMD menerima laporan hasil pemeriksaan dari inspektorat. Berdasarkan hal tersebut Camat Ratahan langsung melakukan penonaktifan terhadap hukum tua Rasi,” ungkap Mokosolang.

Mokosolang pun kembali mewarning kepada hukum tua, untuk lebih berhati hati dalam pengelolaan dana desa terlebih pengelolaan BUMDes.

”Kembali saya ingatkan para hukum tua yang ada di Mitra agar berhati hati dalam penggunaan dana desa, termasuk di dalamnya pengelolaan dana BUMDes. Hukum tua wajib evaluasi dan mengetahui pemberian modal dari dana desa diperuntukkan untuk apa dan harus sesuai dengan permintaan proposal yang diajukan,” tegas Mokosolang.

Ditambahkannya bahwa mulai hari ini tim Inspektorat Kabupaten Mitra turun ke masing masing desa untuk memeriksa pengelolaan dana BUMDes.

(gerimokobimbing)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed