by

Masalah Irigasi Persawahan Jadi Topik Keluhan Warga Kamangta Pada Reses Legislator Vonny Paat

Manado,teropongsulut- Vonny Paat Anggota Dewan Provinsi Sulut menggelar reses pertamanya di Desa Kamangta, Kecamatan Tombulu, Rabu (07/04/2021), tepatnya di Balai Desa Kamangta, Minahasa.

Salah satu aspirasi yang di sampaikan warga pada reses ini, yakni permasalahan irigasi untuk persawahan jadi gumul di sektor pertanian. Wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Minahasa dan Kota Tomohon itu diminta mendorong pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Seperti yang disampaikan Ketua Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Kamangta, Joutje Worotikan mengatakan ketika musim panas selalu kering. Selanjutnya, volume tampungan air yang disiapkan untuk irigasi kurang besar. Kalau itu lebih besar, maka bisa mengcover semua lahan persawahan.

“Makanya kita meminta perlu ada lebih besar lagi bak airnya. Dan dibuat irigasi untuk percetakan sawah-sawah baru yang kurang lebih lima hektare,” kata Worotikan.

Ia membeberkan, usulan ini sebenarnya sudah pernah disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Desa. Hanya saja sampai saat ini mereka tidak tahu apa saja usulan prioritas yang dimasukkan ke Musrembang pemerintah kabupaten.

“Tapi kami tidak pernah mengetahui apa yang diisi dalam Musrembang itu. Dorang cuma bilang kase maso jo, tapi kita tidak tahu apa yang akan dilakukan, mana prioritas yang harusnya mereka buat terlebih dahulu,” bebernya.

Anggota DPRD Sulut Vonny Paat mengungkapkan, jika irigasi ini yang menjadi prioritas desa, nanti dirinya akan mengirimkan usulan-usulan itu dalam pokok-pokok pikiran DPRD Sulut.

“Nantinya mereka akan tinjau lokasi. Akan dilihat dulu, kalau dia pe kewenangan di provinsi akan ditinjau dulu,” kata Ketua Komisi I DPRD Sulut ini. (Christo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed