by

Masuk Area Kebun Raya Megawati Soekarnoputri, 96 Pal Batas Penentu

MITRA, TeropongSulut.com – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, di beberapa kesempatan telah menegaskan untuk tidak boleh lagi ada aktivitas penambangan di area Kebun Raya Megawati Soekarnoputri.

Bahkan, penegasan pun disampaikan Kapolres Mitra AKBP Rudi Hartono SIK, untuk tidak melakukan aktivitas penambangan di area tersebut. Bukan tanpa alasan, teranyar ada tiga yang menjadi tersangka akibat dianggap melakukan pengrusakan di kawasan Kebun Raya Megawati.

Meski begitu, masuk tidaknya di kawasan Kebun Raya Megawati kerap menjadi alasan bagi penambang untuk melakukan aktivitas penambangan di kawasan tersebut secara diam-diam.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mitra Muchtar Wantasen, setidaknya ada 96 pal batas penentu masuk tidaknya di area Kebun Raya Megawati.

Peta kerja Kebun Raya Megawati Soekarnoputri yang ditandatangani oleh BPKH Wilayah VI, Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulut dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Tenggara

Dijelaskan Wantasen, penataan batas berupa pemasangan pal, sudah selesai dilakukan sejak Desember tahun 2020 lalu, oleh Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah VI.

“Hasilnya tertuang dalam peta kerja yang ditandatangani oleh BPKH, Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulut dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Tenggara,” jelas Wantasen, Kamis (8/4/2021), saat ditemui di ruang kerjanya.

Ditambahkan Wantasen, dalam peta kerja yang ditandatangani itu, sangat jelas mana area yang masuk di kawasan Kebu Raya Megawati Soekarnoputri atau tidak.

(gerimokobimbing)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed