by

Ditandai dengan Pelepasan Bibit Ikan Nila, Sekretariat Komunitas Peduli Danau Tondano Diresmikan

Tondano, teropongsulut – Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Fredy Runtu, SH, selaku Ketua Komunitas Peduli Danau Tondano (KPDT) bersama Sekretaris Jendral Badan Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia (BP2-KTI), DR. Jimmy Rol Torar, MM, M.Si, selaku penasihat KPDT, meresmikan sekretariat KPDT, yang ditandai dengan pelepasan bibit ikan nila sebanyak 10.000 ekor di kawasan restoran Filadelfia, Senin (29/11/2021).

Dalam sambutannya, Penasihat KPDT menyatakan akan mendukung penuh kegiatan KPDT dalam rangka membangun, menjaga, dan melestarikan Danau Tondano supaya memberi manfaat bagi warga Tondano, khususnya warga pesisir.

Di kesempatan ini pun Sekjen Torar sebagai warga asli Tondano memberikan apresiasi kepada Ketua KPDT atas kepedulian dan atensinya terhadap Danau Tondano.

“Sebagai warga asli Tondano, saya mendukung penuh Ketua KPDT yang dengan jiwa dan semangatnya yang besar sehingga bisa membangun komunitas ini,” kata Torar.

Dalam Kapasitasnya sebagai Sekjen BP2-KTI, Torar menjanjikan bahwa akan berusaha memfasilitasi keinginan-keinginan warga pesisir dan pemerintah setempat untuk disampaikan kepada pemerintah pusat agar diberikan perhatian khusus. Sebab, oleh pemerintah pusat, Danau Tondano telah menjadi proyek prioritas nasional.

Sebagai pengurus dan penasihat KPDT, Torar berharap dan mengimbau warga supaya bahu-membahu membuat Danau Tondano bisa menjadi objek wisata dan menjadi Danau yang berbudaya.

Sementara Ketua KPDT Fredy Runtu, menyatakan bahwa KPDT tidak dibatasi oleh para penggagas, pendiri, maupun pengurus, tetapi terbuka bagi siapa pun yang ingin bergabung, bahkan bagi organisasi apa saja yang sudah eksis terlebih dahulu.

“Komunitas ini fleksibel. Menerima siapa saja yang merasa terpanggil untuk mengambil peran dalam pelestarian Danau Tondano,” kata Runtu.

“Makin banyak orang yang peduli terhadap Danau Tondano, akan semakin baik,” tambahnya.

Dikatakannya lagi, berdasarkan keputusan Presiden, bahwa Danau Tondano telah menjadi salah satu dari 15 danau yang mendapatkan skala prioritas dari Pemerintah Pusat.

Turut hadir dalam kegiatan ini: Karlo Pesik, Johanis Pesik, Brenda Kristiana, Jilius Rumimpunn, Vicky Rey, Maxie A. Karouw, Noldy Mambu, Drs. Welly Mangi, Willy Senduk, Ferry JJ, Matulandi Supit, Meiske Meidi Watuseke, Royke Korengkeng, Randy Wulur. #Novi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed