by

Penanganan Komprehensif Masalah Danau Tondano, Kodam XIII/ Merdeka Gelar Sarasehan

Minahasa, teropongsulut – Dalam Rangka menyelamatkan Danau Tondano, TNI-AD dalam Hal ini Kodam XIII/ Merdeka menggelar Sarasehan Penanganan Komprehensif permasalahan Danau Tondano, bertempat di aula Benteng Moraya, Selasa 30/11/2021.

Kegiatan sarasehan tersebut menghadirkan empat nara sumber, antara lain: Prof.Dr.Ir Lawrance J.L Lumingas, M.Sc, Prof.Dr. Desi M. H. Mantiri Des,Dea, Dr.ir Nego Elvis Bataragoa, Dr Ir Sofia Watasen M.Si, dengan tujuan untuk menyelamatkan danau tondano dari berbagai masalah, salah satunya pendangkalan yang di sebabkan oleh Enceng Gondok.

Dalam sambutannya, Panglima Kodam XIII/Merdeka mengatakan, “Kita semua tentunya berharap bahwa kegiatan sarasehan pada hari ini dapat menghasilkan solusi yang komprehensif untuk menangani berbagai permasalahan yang sangat kompleks terkait Danau Tondano yang merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi masyarakat Sulawesi Utara, terlebih khusus warga Minahasa yang berada di sekitar Danau Tondano dan di sepanjang Daerah Aliran Sungai yang bermata Air di Danau Tondano,” Jelas Mayjen TNI Wanti Mamahit.

Lanjut Pangdam XIII/Mdk, “Sebagai bagian dari TNI yang salah satu tugas pokoknya adalah membantu tugas pemerintah daerah melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Kodam XIII/Merdeka akan terus mendukung usaha-usaha untuk menangani permasalahan Danau Tondano secara komprehensif. Namun, kami juga tidak bisa bekerja sendiri. Semua stakeholders harus bersinergi secara harmonis, termasuk didalamnya seluruh masyarakat yang mendiami area di sekitar danau,” katanya.

Selain keempat nara sumber tersebut tampak hadir dalam acara Sarasehan Penyelamatan Danau Tondano, antara lain: Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Mulyatno S.H M.H, Kasdam XIII/Mdk Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH. M. I. P, Kadis Parawisata Prov Sulut Henry Kaitjili S.H, Ketua DPRD Prov. Sulut dr. Fransiskus Silangen, SpB,KBD, Kajati Prov Sulut A. Dita Prawitaningsih, SH,MH, Asrendam XIII/Merdeka Kol Inf Antonius Totok Chris Hardjoko, Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka, Para Kasi Korem 131/Santiago, Bupati Minahasa Ir Oktavian Rayke O Roring, Walikota Tomohon  Carol Senduk S.H,  Para Forkopimda Kab Minahasa, Dandim 1302/Minahasa  Letkol Inf Andi Sinaga S.Ip, Kapolres Minahasa Akbp Tommy Souissa, SIK, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat. #Novi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed