by

DPRD Sulut Apresiasi Petani Dumoga hasilkan Pupuk Sendiri

Deprov- Alfons Aleng, petani asal desa Imandi Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow membuat alternatif dengan mengolah pupuk dan pestisida organik yang di produksi sendiri.

Diakui Alfons, Produksi sendiri pupuk dan Pestisida organik dilakukan karena sampai dengan saat ini petani kesulitan mendapatkan bantuan pupuk dan pestisida subsidi dari pemerintah.

Meski dijual dipasaran namun kedua jenis bahan penunjang produksi tanaman tersebut dirasakan begitu memberatkan petani.

“Ini adalah salah satu cara kami sebagai jalan alternatif kurangnya bantuan pupuk kepada kami petani disini, kalaupun ada di pasaran harganya sangat mahal, ” ujar Alfons kepada wartawan, Jumat (29/7).

Terobosan Alfons Aleng yang juga sebagai ketua P3A daerah irigasi Kasinggolan ini menuai apresiasi dua anggota DPRD Sulut Julius Jems Tuuk dan Herry Rotinsulu yang memanfaatkan pupuk dan pestisida organik untuk mempertahankan wilayah Bolaang Mongondow sebagai lumbung beras Sulawesi Utara. Keterbatasan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi memang menjadi tantangan bagi petani.

“Pakk Alfons telah menjawab tantangan tersebut dengan membuat sendiri pupuk dan pestisida agar produksi petani di wilayah ini bisa terus berlangsung,” Kata Jems Tuuk saat mengunjungi lokasi produksi milik Alfons.

“Dinas Pertanian juga tidak hanya sebatas memantau saja tetapi juga perlu ada pendampingan untuk meningkatkan produksi pupuk organik yang diolah petani disini,” ujar legislator Dapil Bolmong Raya ini.

Ditempat yang sama, legislator Heri Rotinsulu juga ikut mendorong petani lainnya memanfaatkan pupuk organik yang juga memiliki manfaat mengembalikan kontur tanah dan habitat yang ada di dalam kandungan tanah itu sendiri.

“Ini adalah salah satu langkah positif dan perlu diapresiasi dan perlu didukung terutama instansi terkait karena ada inisiatif petani seperti pak Alfons membuat sendiri pupuk organik untuk kebutuhan tanaman padi,” Ucap Rotinsulu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed